Indonesia dan Australia Jalin Kerjasama di Bidang Cyber Crime

22/04/2014 13:57

BATAM - swarakepri.com : Kapolri Jenderal Sutarman dan Senior Liasion Officer Australian Federal Police, Sandra Both secara resmi menandatangani kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang Cyber Crime Investigation Satelit Office, Jumat(28/3/2014) di Gedung Graha Lancang Kuning Polda Kepri.

Pada kesempatan tersebut, Sutarman mengaku bahwa meskipun hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Australia kurang baik belakangan ini, namun perlahan hugungan kerjasama kedua negara terus membaik seiring untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi khususnya mengenai penanganan perdagangan manusia dan narkotika.

Cyber Crime Investigation Satelit Office ini sendiri berkantor di Polda Kepri dan dilengkapi dengan peralatan super canggih yang bertujuan agar kasus-kasus lintas negara bisa ditanggani dengan cepat.

"Wilayah Kepri adalah pintu gerbang masuknya narkoba jalur internasional dan perdagangan orang karena merupakan daerah perbatasan. Kepolisian wajib mengawasi dan mengantisipasi masuknya narkoba dari pelabuhan-pelabuhan tikus yang ada di Kepri khusunya Batam," ujarnya.

Dikatakannya bahwa narkoba merupakan perusak generasi bangsa karena sudah sekitar 4 juta generasi muda telah menjadi pecandu narkotika sehingga melalui program pemerintah dan Badan Narkotika Nasional(BNN) tahun 2015 mendatang Indonesia harus bebas dari narkotika.

Selain menandatangani kerjasama Cyber Crime dengan Australia, Sutarman juga meresmikan beberapa gedung baru di Polda Kepri diantaranya Gedung Rehabilitasi Narkotika Dan Pelayanan Terpadu Biddokkes Polda Kepri bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau(Kepri), Mako Den Gegana Sat Brimob Polda Kepri, Rumah Dinas Kasat/Wakasat Sat Brimob Polda Kepri, Rumah Dinas Kaden Gegana Sat Brimob Polda Kepri dan Rusunawa Sat Brimob Polda Kepri.

Sumber : www.swarakepri.com